Pages

Thursday, September 8, 2016

Bapak. Sosok Paling 'Sweet' Sejagat Raya

Hallo... Assalamu'alaikum, Dear. 

Dulu semasa nyantri, saya kerap dikunjungi bapak di pondok pesantren meski hari itu bukan jadwal kunjungan saya sebenarnya. Karna biasanya saya dijenguk setiap sebulan sekali, kadang baru dua minggu bapak sudah datang menemui. Pesantren saya terletak di wilayah Leuwiliang, Bogor, yang jarak tempuh dari rumah menuju ke sana itu sekitar tiga jam. Dan –dulu– saya sering keheranan nanya sama bapak yang tiba-tiba jenguk tanpa bilang lebih dulu. Kalau ditanya, “Lho kok bapak ke sini?” Maka bukan jawaban yang saya peroleh, justeru pertanyaan tendensius kaya gini “Emang ngga ada yang kangen sama bapak di sini?” Haha *bapak mah emang paling tau*

Pada dasarnya, sosok bapak adalah sosok yang super duper romantis sama anak perempuannya. Cuma terkadang, sifat penyayangnya yang kebangetan itu ngga kelihatan karna ‘kebanyakan’ bapak itu lebih terlihat acuh. Padahal, uassliii bapak itu sweet bangeeeet *haha lebay* Sebenarnya kalau bapak saya bukan tipe bapak-bapak yang kelihatan dingin, acuh, padahal penyayang, tapi sifat penyayangnya itu memang kentara dari bagaimana ia berinteraksi pada anak perempuannya. FYI, di rumah saya jadi anak semata wayang, karna sekarang giliran ade perempuan saya yang nyantri juga. Hehe.. *gantian ya dek*

Saya, meski sudah berusia kepala dua, berasa tuaaa banget masih dianggap kaya anak kecil aja di rumah. Bener! Padahal saya cukup mandiri *mandi sendiri maksudnya* dan ngga manja apalagi meye-meye hihi.. Beberapa kerabat pun menilai kalau bapak masih menganggap saya seperti anak perempuannya yang masih krucil, yang mungkin, baru beranjak dewasa. Aiiih.. aku cukup dewasa, kok, Pak. Muehehe.. Sering banget kalau mau izin kemana-mana itu bapak kelihatan ngga yakin dan susah buat ngelepas saya yang kepengennya ke sana kemari, ngga bisa diem. Tapi untung ada mama yang selalu ngeyakinin bapak dan ngasih kepercayaan buat saya. *aseek* jadilah saya pergi dengan berbekal kepercayaan yang harus saya perjuangkan. Iya, bener! Kepercayaan itu harus diperjuangkan. Kalau saya gagal menjaganya, maka besok bisa jadi saya ngga akan dapat lagi.

Bapak bilang, “dikaruniai anak perempuan itu tanggung jawabnya besar. Kalau bapak ngga bisa jaga sebaik mungkin, nanti dipertanggungjawabkan di akhirat.” Saya sering dengar wejangan begini kalau saya udah mulai pulang malam. Lebih trenyuh lagi saat mama bilang, “kalau udah maghrib kamu belum sampai rumah itu yang disebut kamu terus, Nak.” Apalah daya saya yang paling cuma bisa bilang maaf dan kasih alasan kenapa pulang telat. Karna saya masih ngontrak di rumah orang tua, jadi harus nuruti semua aturan di rumah. Salah satu aturannya, habis shubuh saya boleh pergi kemana pun yang saya mau. Asal, maghrib harus sudah sampai di rumah. Lha wong bapak kalau punya ayam aja sore udah bapak cariin. Kamu anak, lho. Masa maghrib masih di luar ngga bapak cariin. *begitu katanya*

Saya ngga tahu tulisan tentang bapak ini akan berakhir di mana. Kalau diterusin nggak akan ada habisnya. Jadi keep aja dulu untuk postingan-postingan berikutnya. Hehehe..

No comments:

Yuk, tinggalkan jejak!

Terima kasih teman-teman yang sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini... ^_^

Sincerely, Ratih Dian.