Pages

Saturday, August 8, 2015

Manfaat Blogging


Sebagai seorang newbie, sedikit banyak aku sudah merasakan beberapa manfaat nge-blog. Berawal dari iseng dan suka corat-coret, daripada berantakan dimana-mana, bikin becek beranda hehe… akhirnya aku putusin untuk gabung di blogger. Sebelumnya konsep yang aku pikirkan untuk blog aku mungkin cuma curhatan aja sih, tapi makin ke sini aku mau coba sesuatu yang baru. Jadi sesekali nulis sajak, lirik suara hati *eaa hehe..  Aku ini tipe orang yang suka banget gentayangan di social media, aku juga suka banget jalan-jalan di blog orang (blogwalking) malah kadang sampe tersesat dan tak tahu arah pulang *haha lebay, intip-intip kamar mereka hehe… sampai akhirnya pada bulan Juni 2014 aku mulai mendaftarkan diri di blogger, walaupun awalnya ngga langsung konsisten nulis hehe.. Aku nggak mau cuma jadi konsumen aja yang bisanya cuma lahap tulisan orang lain, aku juga mau dong jadi produsen yang tulisannya dinikmati orang (itu juga kalo dibaca sih haha)

Oke yang tadi curcol sebagai pembuka, lupakan! Sekarang aku akan share beberapa manfaat blogging, lagi-lagi ini subyektif alias menurut aku. Karna tiap orang punya pandangan dan pendapatnya masing-masing. Sip, ngga perlu lama-lama buat temen-temen yang mau konsisten nulis dan nge-blog bisa baca ini dulu supaya lebih mantap niatnya untuk jadi bagian dari warga blogger hehe…


Let’s check it more!
  • Wadah untuk menuangkan aspirasi dan curahan hati
Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, tujuan aku nge-blog sebenernya cuma untuk nampung curhatan aja sih. Walaupun aku juga udah punya diary. Tapi tetep aja belum bisa ngasih kepuasan buat aku, diary cuma bisa bikin lega aja sih. Setidaknya di blog aku bebas punya arsip sendiri dengan tampilan yang menarik pula.
  • Sarana untuk memperbanyak teman di dunia maya

Di era teknologi ini, memang tak bisa dipungkiri ketergantungan kita pada makhluk yang bernama internet. Rasanya mudah sekali untuk menjalin sebuah pertemanan dengan kawan yang letaknya tak bisa dijangkau oleh kita. Ya, apalagi kalau bukan akun-akun social media seperti facebook, twitter, instagram, yahoo messenger, dll. Dengan blog, kita bisa berbagi bersama para blogger lainnya, kita juga bisa saling share banyak hal tentang dunia blogging dan kepenulisan. Sekaligus sebagai jembatan silaturahim warga-warga blogger. Misalnya sebuah komunitas, fanpage, official account yang memang diperuntukkan bagi para blogger, di sana para blogger dari manapun bisa bertemu (lewat dunia maya) dan saling berinteraksi melalui komunitas tersebut.
  • Bermanfaat bagi sesama

Pada pembukaan di atas juga udah aku bahas, bahwa seorang blogger ibarat seorang produsen. Karna ia menghasilkan tulisan yang dibaca oleh khalayak. Yap, rata-rata tulisan yang diposting oleh para blogger ini bermanfaat, apapun genre tulisannya. Jangan anggap remeh blog-blog yang isinya hanya curahan hati penulisnya. Kita tidak tahu seberapa besar kita di mata orang lain, kita juga tidak tahu seberapa menginspirasi kita bagi orang lain, bisa jadi kita adalah pahlawan bagi mereka, bisa jadi.
  • Memperluas wawasan dan menambah pengetahuan

Kita tahu bahwa Ilmu tidak hanya didapat di bangku sekolah, orang-orang tak berpendidikan pun bisa lebih pintar dibanding kita yang sudah makan bangku itu sejak kecil hehe.. Blogging sendiri adalah kegiatan menulis. Aku ulangi sekali lagi, bahwa blogging adalah kegiatan menulis. Jadi, para blogger yang mau nulis pastilah sudah banyak ide yang berkecambah di kepalanya. Nulis itu memang keren, tapi sebelum nulis tentunya kita harus baca dulu. Kalo ngga baca lalu apa yang mau ditulis ? Kalo udah baca, maka pengetahuan bertambah. Ilmu itu bisa jadi wangsit saat kita menulis, bukan ? Biasanya ide menulis itu memang kadang datang begitu saja. Tapi untuk menuliskannya kita dituntut untuk berfikir lebih jauh, mengembangkan topik supaya lebih menarik dan tidak membosankan bagi para pembaca. Aduuuh.. mulia juga yaa blogging itu hehe…
  • Asah kemampuan

Buat temen-temen yang udah punya hobi baca tulis dari kecil, ngga ada salahnya untuk mulai nge-blog dari sekarang. Karna bisa mengasah kemampuan kepenulisan temen-temen. Sekaligus belajar desain dan layouting buat yang suka dengan desain. Apalagi yang memang sudah punya passion pada bidang-bidang ini, blogging adalah kegiatan yang tepat untuk mempertajam kemampuannya jika terus diasah. 
  • Mengisi waktu luang

Bagaimanapun juga kegiatan blogging ini ngga bisa diprioritaskan karna kita punya kehidupan nyata. Jadikan saja kegiatan ini sebagai sambilan, iseng-iseng mengisi kekosongan di sela-sela kegiatan. Ngga ada salahnya kan kalo udah bosen travelling, sesekali kita blogging. Lebih hemat pula hehe.. 
  • Lebih ekspresif melalui tulisan

Aduh lagi-lagi aku mau curhat hehe.. Honestly, aku ini orang yang ngga bisa mengekspresikan perasaan lewat tindakan atau kata-kata. Jadi satu-satunya cara untuk nyatain perasaan atau nyindir orang haha *yang ini bercanda  Ya, melalui tulisan. Karna dengan menulis ruang gerak aku lebih luas dan bisa mengekspresikan perasaanku dengan bebas. 
  • Iseng-iseng dapet penghasilan

Kebahagiaan seorang penulis itu saat tau pembacanya puas dan suka dengan tulisannya. Yap, bener banget. Tapi kaidah itu ngga berlaku bagi semua penulis, bahkan seorang sastrawan. Ada juga beberapa hal yang menjadi latar belakang kenapa seseorang menulis, salah satunya adalah earn money. Seperti latar belakang beberapa sastrawan yang menulis untuk hidup, lalu untuk apa lagi kalau bukan untuk cari nafkah. Well, dengan blogging temen-temen juga bisa dapet penghasilan loh. Untuk caranya bisa tanya sendiri sama mbah google yaaa…

 Oke cukup ini dulu postingan aku kali ini, semoga bermanfaat-
Thankies bunchies sudah meluangkan waktu untuk baca tulisan ini :*

1 comment:

Bayu Rohmantika Yamin said...

Konsep blogging emang kayaknya cocok banget sama yang udah kenal dunia baca tulis dan suka sama kedua hal itu. Gua sendiri udah lama suka menulis (baca = coretan antah berantah hehe), tapi baru mulai ngeblog beberapa bulan belakangan ini, setelah terdorong ngeliat temen kantor gua yang bisa manfaatin dunia internet dengan lihai.

Semua manfaat yang ditulis di atas bener banget, terutama "memperluas wawasan dan menambah pengetahuan". Kalo udah punya ide untuk dituangin di blog, mau ga mau kita akan dituntut untuk nyari referensi biar tulisan lebih menarik, ya ngga?

"Kita tidak tahu seberapa menginspirasi kita bagi orang lain" --> such a nice statement :-)

Yuk, tinggalkan jejak!

Terima kasih teman-teman yang sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini... ^_^

Sincerely, Ratih Dian.