Pages

Friday, September 9, 2016

Teman dari Masa ke Masa

Ada perasaan lega ketika segala sesak yang memayungi hati itu tumpah dalam buku catatan harian. Lenyap sudah kecemasan dan ketakutan yang menyelimuti. Beberapa teman ada yang bertanya soal apa yang biasa saya lakukan saat sedang dirundung kegamangan, kegundahan, kerisauan, dan lain hal. Menulis itu salah satunya. Karna bagi saya, menulis itu menyembuhkan. Seperti saat sakit, kita selalu butuh penawar bagi setiap rasa sakit yang diderita, maka menulislah penawarnya.

Apakah lantas setelah menulis pulih sudah keadaan seperti semula? Tidak, hal itu tentu tidak menjamin. Namun setidaknya, kita sudah memberantas rasa sakit yang membuat kita kalut. Entah sejak kapan saya mulai rutin menuangkan segala rutinitas yang saya lakukan dalam buku catatan harian, saya juga lupa sejak kapan saya mulai mengoleksi buku-buku catatan harian, yang kalau diakumulasi sejak saya masih duduk di bangku sekolah dasar mungkin sudah ada puluhan buku. Tapi tidak semuanya utuh, hanya tinggal beberapa yang masih saya simpan.

Apa susahnya sih menulis catatan harian? Tidak ada! Menulis hal-hal yang memang sudah kita alami itu biasanya mudah sekali. Apalagi buku catatan harian yang tidak peduli mau bagaimana EYD-nya, tidak peduli konten dan bahasa yang digunakan, apalagi buku catatan pribadi yang tidak dipublikasi. Peduli benar soal EYD dan tulisan macam ceker ayam. Ah, sekali lagi itu amat mudah dilakukan.

Well, sebenarnya saya cuma mau berbagi tentang teman terbaik saya dari masa ke masa sih hihi... Hingga detik ini, alhamdulillah saya masih rutin nulis diary hehe.. ngga peduli apa kata orang, “Ngapain sih curhat sama buku! Toh, buku ngga bisa ngasih solusi.” Hei hellooow.. bagi kebanyakan wanita, curhat ngga selamanya butuh solusi, kok. Setidaknya itu meringankan. Lagipula, mending curhat sama buku daripada harus nyari-nyari psikolog yang pastinya bikin dompet kering kerontang, apalagi lebih milih gegalauan di sosial media macam remaja yang –ngakunya sih– kekinian  *haha* lagipula nulis diary juga bisa jadi terapi buat diri sendiri. Saat menulis catatan harian, di sanalah waktu saya berdialog dengan diri.
Nah, ini dia sebagian koleksi buku yang belum tutup usia. *yang lainnya lewat ngga tau kemana*

CAS (Catatan Akhir Sekolah)
Ini buku saya waktu masih nyantri dulu. Kita biasa sebut CAS (Catatan Akhir Sekolah). Kalau ditilik ulang *napak tilas ceritanya* konten diary waktu jaman SMA ini, curhatannya masih gaya ABG-ABG alay gimana gitu sih. Haha itulah menariknya! Jejak saya yang pernah ABG pun masih tersisa. Ohya, buku ini sebenarnya buku tulis yang saya gabungin. Jadi ada dua buku yang saya jadikan satu. amsyong deh kere banget kan gue haha Terus supaya lebih menarik saya sampul rapi dan di dalamnya saya tempelin stiker-stiker ala anak muda gitu. Pokonya full color lah. Ngga bikin mata perih kalo ngeliat hehe..

Tampak bagian dalam buku
Buku berikutnya waktu awal-awal kuliah masih pake buku-buku diary yang ukurannya nyaris sama seperti buku tulis. Dan buku ini saya dapet waktu kita ngadain buka bersama bareng anak-anak kelas. Karna acaranya kita isi dengan sesi tuker kado, dan yeaay pas banget saya dapet buku ini.
Ternyata bukunya dari Abay
Buku berikutnya, udah beda deh selera saya. Kalo dari dulu punya koleksi buku diary yang ukurannya mirip buku tulis. Sekarang lebih suka yang imut-imut. Nah, sebenarnya fungsinya juga udah beda, sih. Kalau mini pocket book kaya yang di bawah ini biasanya saya pakai buat nulis hal-hal penting saat pergi. Untuk nyatet ide-ide yang muncul sewaktu-waktu. Tapi karna ukurannya yang mini dan lebih praktis untuk dibawa kemana-mana, sekarang saya lebih suka pakai yang begini. Covernya pun polos, ngga seperti dulu yang kelihatan childhood banget. Hihi..
Satu lagi dapet mangkok ya, Neng.
Nah, semakin berkembangnya pengetahuan dan teknologi, bukan cuma buku yang saya pakai buat nyatet-nyatet random thought atau hal-hal yang kelihatannya sepele. Saya juga pakai aplikasi color note buat nyatet semua draft, deadline tugas, atau catatan-catatan yang penting ngga penting lainnya. Kayak gini, misalnya.
Abaikan aja catetan-catetan ngga penting, ya.
Mereka itulah makhluk-makhluk tak bernyawa yang menjadi saksi perjalanan saya dari masa ke masa.

No comments:

Yuk, tinggalkan jejak!

Terima kasih teman-teman yang sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini... ^_^

Sincerely, Ratih Dian.