Pages

Monday, October 17, 2016

Nowadays, Everyone is a Writer


“Writing is My Heart Is.”

Kata-kata di atas cukup mewakili sebagian orang, sepertinya. Related to our topic, saya menilik kembali buku pak Bambang Trim yang berjudul “Jagat Penulisan dan Penerbitan,” yang mana dalam buku tersebut ia menyatakan bahwa hari ini, menulis bukan lagi keterampilan yang diminati oleh beberapa orang saja, atau hanya bagi mereka yang dikaruniai bakat untuk meracik kata. Menurutnya, menulis adalah lifeskill. Artinya, menulis adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang. Tidak terkecuali, Anda, mungkin.

Era media sosial telah tiba. Dan ini mendorong setiap orang untuk mengekspresikan gagasan-gagasannya dalam bentuk tulisan, maupun audio-video. Facebook, misalnya. Facebook menyediakan fasilitas wall agar penggunanya dapat menuliskan sesuatu kapanpun dan dimana pun. Tulisan di media sosial ini yang kemudian memberi akses kepada siapapun untuk menjelajahi dunia kita, menjadi sarana untuk berbagi banyak hal melalui tulisan [Re: status], yang kemudian tulisan tersebut dapat direspons oleh pengguna lain yang berada dalam jaringan pertemanan sang statuser.

Hal inilah yang menyebabkan banyak orang mendadak aktif menulis setiap hari. Meski tak sedikit dari mereka yang menuangkan gagasan-gagasannya dengan tujuan untuk memprovokasi, membuat tulisan dengan konten-konten negatif atau tulisan yang sengaja dibuat untuk memihak pada satu golongan tertentu, dan lain hal. Untuk itu, kita sebagai pengguna tentu dituntut untuk lebih bijak dan cerdas dalam memilah tulisan yang bertebaran di media sosial.

Everyone is a Writer, kali ini akan saya buat sedikit melenceng. Masing-masing kita adalah penulis. Karna sejatinya, kita adalah penulis bagi setiap kebajikan dan keburukan yang kita lakukan. Setiap perbuatan baik atau buruk, masing-masing ada balasannya. Kita adalah pemeran utama dalam skenario Tuhan. Maka kita hanya perlu memilih, alur seperti apa yang akan mengantarkan kita pada klimaks yang memukau.

No comments:

Yuk, tinggalkan jejak!

Terima kasih teman-teman yang sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini... ^_^

Sincerely, Ratih Dian.